Dua Jembatan Terpanjang Di Indonesia
Dua Jembatan Terpanjang Di Indonesia
Di Indonesia konstruksti merupakan sebuah kegiatan yang sangat penting untuk menunjang kemajuan suatu kota maupun negara. Di sini akan kita bahas mengenai konstruksi pembangunan jembatang terpanjang di Indonesia.
1. Jembatan Suramadu
Jembatan Suramadu merupakan jembatan yang melintasi Selat Madura, yang menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya) dan Pulau Madura (di Bangkalan) Indonesia. Jembatan Suramadu memiliki panjang 5.438 meter dan lebar 30 meter, Jembatan ini menyediakan empat lajur yaitu dua arah selebar 3,5 meter dengan dua lajur darurat selebar 2,75 meter. jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Jembatan Suramadu terdiri dari tiga bagian yaitu jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge), dan jembatan utama (main bridge).
Pembangunan jembatan ini dilakukan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 20 Agustus 2003 dan diresmikan pembukaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2009. Pembangunan jembatan ini ditujukan untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura, meliputi bidang infrastruktur dan ekonomi di Madura yang relatif tertinggal dibandingkan kawasan lain di Provinsi Jawa Timur. Perkiraan biaya pembangunan jembatan ini adalah 4,5 triliun rupiah.
Jembatan Suramadu dibangun oleh beberapa kontraktor :
· Pembangun Sisi Surabaya:
Hutama Wijaya Agrabudi, JO, Joint Operation antara PT Hutama Karya, PT Wijaya Karyadan PT Agrabudi Karyamarga
· Bentang tengah Main Span (Cable Stayed)
Consortium of Chinesse Contractors (CCC) terdiri dari China Road and Bridge Corporation (CRBC) dan China Harbour Engineering Consultant(CHEC).
· jembatan penghubung (Approach bridge)
BUMN Indonesia, Consortium of Indonesia Contractors (CIC) terdiri PT Adhi Karya, PT Hutama Karya, PT Waskita Karya dan PT Wijaya Karya dan CCC
· Sisi Madura
Adhi - Waskita, JO, Joint Operation antara PT Adhi Karyadan PT Waskita Karya
2. Jembatan Pasupati
Jembatan Pasupati atau biasa dikenal juga dengan Jalan Layang Pasupati merupakan sebuah jembatan yang menghubungkan bagian utara dan timur Kota Bandung melewati lembah Cikapundung. Jembatan ini memiliki Panjang 2,8 km dan lebarnya 30-60 meter. Jalan Layang Pasupati juga menjadi salah satu ikon Kota Bandung. Oleh karena itu, pada malam hari bagian tengah Jembatan Pasupati diterangi lampu sorot warna-warni. Jalan layang ini membuat arus lalu lintas dari wilayah sekitar Jabodetabek ke Bandung menjadi lebih mudah.
Jembatan Pasupati merupakan jembatan pertama di Indonesia yang memanfaatkan teknologi anti gempa. Sebuah perangkat pengunci (LUD), direkayasa di Perancis , terdiri dari 76 bagian individu. Jembatan ini memiliki 663 segmen secara keseluruhan, didukung oleh 46 tiang.
Jembatan ini dibangun pada Oktober 2001, dan diresmikan pada 12 Juli 2005. Jembatan ini dikerjakan secara joint operation antara PT. Wijaya Karya (Persero), PT. Waskita Karya (Persero) dan CGC dari Kuwait. Menurut Menteri PU hasil karya yang telah dibuat putra bangsa itu menunjukkan bahwa para insinyur Indonesia tidak kalah oleh dengan insinyur dari luar negeri. Pasalnya, desain ulang jembatan cable stay tersebut dilakukan sendiri oleh tenaga ahli dari ITB Bandung. Pembangunan Jembatan Pasupati sempat mengalami proses panjang dan menghabiskan dana sebesar Rp.437 Milyar ditambah dengan 47 miliar untuk pembebasan lahannya.
follow link dibawah ini:
Komentar
Posting Komentar